Sabtu, 01 September 2018

Intagram Jadi Media Kepala Presiden Dengan Jack Ma

Seperti diberitakan awal mulanya, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atau lebih karib dipanggil Jokowi, meneria kunjungan pendiri Alibaba Grup, Jack Ma pada Sabtu (1/9/2018). Kedua-duanya berjumpa di Istana Kepresidenan Bogor.
Pertemuan Jokowi dengan salah satunya orang paling kaya di Tiongkok itu juga diabadikan dalam photo yang di-posting di account sah Instagram @jokowi.
Dalam photo itu, terlihat Jokowi serta Jack Ma tengah terlibat perbincangan sekalian berjalan telusuri karpet merah didalam Istana. Sampai berita ini naik, photo itu sudah kantongi lebih dari 500 ribu likes.
“Pendiri raksasa e-Commerce Alibaba, Jack Ma hadir ke Indonesia beberapa waktu sebelum penutupan Asian Games 2018. Ia memang akan ada di acara penutupan itu besok, menjadi perwakilan panitia penyelenggara Asian Games 2022 di kota Hangzhou, Tiongkok. Di kota berikut kantor pusat Alibaba ada, ” catat Jokowi dalam satu caption.
“Saya terima Jack Ma di Istana Bogor, tadi siang. Kami mengobrol mengenai beberapa perihal, terpenting yang berkaitan dengan peta jalan e-commerce Indonesia, ” lanjutnya.
Salah satunya yang dibicarakan ialah mengenai peta jalan (roadmap) e-Commerce, termasuk juga masalah Sumber Daya Manusia (SDM).
Presiden serta jajarannya bersama dengan Jack Ma mengulas beberapa perihal, utamanya yang terkait dengan peta jalan e-Commerce Indonesia. Peta jalan ini sendiri telah diumumkan semenjak awal 2016.
Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo), Rudiantara, salah satunya yang ikut menghadiri pertemuan itu.
" Ada banyak barusan yang mengemuka dalam bahasan, yakni yang pertama ialah permasalahan talenta, sdm, " kata Rudiantara seperti diambil dari info sah Sekretariat Presiden, Sabtu (1/9/2018).
Rudiantara menyampaikan, dalam pertemuan itu juga muncul inspirasi untuk bikin Jack Ma Institute yang mempunyai tujuan peningkatan SDM.
Tidak hanya untuk penuhi keperluan SDM didalam negeri, juga untuk jadikan Indonesia menjadi pusat penyuplai SDM buat beberapa negara di lokasi lainnya.
" Talenta ini jadi rumor nomer satu didunia. Karena sangat cepatnya perkembangan ekonomi digital ini, sumber daya manusianya yang belumlah dapat menguber, " lanjut Rudiantara.
Tidak hanya mengulas mengenai SDM, dalam pertemuan itu juga dibicarakan tentang pemakaian basis yang ada untuk tingkatkan export Indonesia, terutamanya ke Tiongkok.
Rudiantara menjelaskan, hal itu akan dilakukan tindakan besok siang waktu Jack Ma berjumpa dengan beberapa menteri, termasuk juga dianya.
dp bbm sindiran
dp bbm cinta
Peta jalan e-Commerce Indonesia sendiri berisi tujuh point tentang usaha peningkatan ekonomi digital. Tidak hanya sdm atau talenta, juga ada logistik, permodalan, perlindungan customer, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan serta keamanan siber.
" Untuk logistik, kita tengah mentransformasi PT Pos Indonesia dari orientasinya pos jadi perusahaan logistik, " tutur Rudiantara.
Sesaat dalam bagian infrastruktur komunikasi, Menkominfo menyampaikan Palapa Ring direncanakan tuntas 2019. Hingga pada 2019 kelak, semua kabupaten/kota di Indonesia telah tersambung dengan jaringan internet kecepatan tinggi.
" Menjadi infrastruktur telah siap bertambah cepat. Tinggal kita kelak kembali lagi konsentrasi pada SDM, " kata Rudiantara.
Tidak hanya Rudiantara, ikut ada mengikuti Presiden dalam pertemuan dengan Jack Ma ialah Menteri Koordinator bagian Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Kepala Tubuh Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar