Minggu, 13 September 2015

Kumpulan Tutorial Memunculkan Notifikasi BBM for Windows Phone



salam tekno, Untuk mengirimkan data push notification, ketiganya juga memiliki cara identifikasi yang berbeda, Microsoft menggunakan URI (Uniform Resource Identifier), Google menggunakan application ID, sementara Apple menggunakan token.
Push notification dibutuhkan supaya informasi pesan bisa selalu diterima oleh kita, walaupun sebenarnya aplikasi bersangkutan sedang tidak berjalan di depan. Setelah kita menginstall aplikasi BBM ke microsoft windows phone, aplikasi BBM akan berinteraksi dengan OS Windows Phone yang mengatur Push Client Service, kemudian mendaftarkannya ke MPNS.
MPNS kemudian memberikan URI sebagai tanda “identitas” kepada aplikasi BBM di device kita, yang kemudian oleh aplikasi BBM dikirimkan dan didaftarkan ke server Blackberry. Setiap ada pesan BBM untuk kita yang diterima server Blackberry, server Blackberry akan mengirimkan notifikasi ke MPNS yang kemudian meneruskan ke device Windows Phone kita sebagai push notification.
Untuk proses push notification ini berjalan lancar, device kita harus memiliki koneksi yang lancar ke MPNS. Sayangnya seringkali bisa ada gangguan terjadi dengan koneksi ini, misalkan terputus karena tidak ada sinyal telepon, data limit, firewall WiFi, dll.
Ketika data terputus dan server sedang meneruskan notifikasi ke MPNS yang kemudian di relay ke device kita, dan tidak bisa diterima device kita karena koneksi terganggu, maka akan terjadi loop untuk dicoba dikirimkan ulang. Sedangkan kemungkinan pada server Blackberry sendiri sudah ada antrian push notification lain.
Akhirnya tercipta antrean, loop, dan latency yang tinggi, yang kadang segera selesai ketika koneksi ke MPNS tersambung lagi, yang terkadang dianggap URI-nya sudah expired dan tidak bisa diteruskan, yang akhirnya menyebabkan push notification tidak muncul di device Windows Phone kita.
Untuk masalah push notification ini bisa coba diselesaikan dengan beberapa trik. Pertama, update versi BBM nya, karena Microsoft sendiri sadar akan hal ini dan mencoba mencari jalan keluarnya, misalnya menggunakan Azure Notification Hub. Kemungkinan para developer mengupdate aplikasinya untuk menggunakan sistem push notifications yang lebih baru atau mencari work around.
Kedua pastikan koneksi yang kita miliki lancar, jika menggunakan wifi, jangan sampai wifi ini memblok koneksi ke MPNS, dan pastikan juga kita tidak mengaktifkan mode pengematan baterai, karena bisa membuat koneksi ini terganggu. dp bbm bergerakdp bbm gif
Ketiga, seringkali dengan mengaktifkan setting location dan find my phone kemudian me restart device, membantu untuk device WP kita selalu terkoneksi dengan MPNS.
Keempat, uninstall aplikasi BBM, restart, dan kemudian menginstall ulang aplikasi BBM, bisa membantu proses registrasi ulang ke server, yang kita harapkan kali ini membuat push notification-nya lebih lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar